Update XAMPP to Version 1.7.7 Troubleshoot

Karena ternyata ada perbedaan yang signifikan antara XAMPP 1.7.3 dan yang setelahnya, ada baiknya bagi pengguna XAMPP versi lama tersebut untuk melakukan update. Itu juga yang akhirnya saya lakukan karena banyak warning yang muncul akibat penggunaan deprecated function dan regulasi kutip pada index of array. Saya pun segera mencari XAMPP versi terbaru, dan dapatlah akhirnya XAMPP 1.7.7.

Masalah mulai muncul ketika ternyata MySQL tidak berjalan pada versi terbaru dari XAMPP tersebut. Akhirnya, saya lakukan instalasi ulang XAMPP dengan terlebih dahulu membersihkan folder yang berisi XAMPP yang lama. Setelah selesai, ternyata MySQL-nya mau berjalan. Namun, yang jadi masalah sekarang Apache Server-nya tidak mau bekerja. Statusnya adalah busy untuk port 80 yang biasa digunakan untuk localhost. FYI, saya menggunakan OS Windows 8 Consumer Preview.

Mengganti Port

Nah, untuk menanggulangi masalah tersebut, ada sebuah forum yang membahas bahwa masalah ini dapat diatasi dengan mengganti “httpd.conf” dan mencari baris yang berisi port 80, untuk diganti dengan port lainnya, 1234 misalnya. Langkah ini berfungsi, tetapi Anda berarti harus mengisi URL di browser dengan format, “localhost:1234/…” Langkah ini mungkin dapat digunakan jika memang Anda tidak mengalami masalah dengan hal tersebut. Namun, ada cara yang lebih baik lagi ternyata.

Menghentikan World Wide Web Publishing Service

Masalah seperti ini, menurut topik dari forum yang saya baca di sini, biasanya memang terjadi pada pengguna OS Windows 7. Nah, dari sini saya dapat langkah yang ternyata berfungsi dengan baik untuk menyelesaikan masalah ini. Langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada “Computer”;
  2. Pilih “Manage” (Anda akan memerlukan akses administrator untuk ini);
  3. Buka “Services and Applications” (ada di bagian kiri window);
  4. Buka “Services”;
  5. Cari World Wide Web Publishing Service;
  6. Pilih “Stop the service”.

Awalnya, saya khawatir akan matinya akses internet dari komputer saya. Terlebih karena “Path to executable”-nya berada pada system32 sehingga bisa jadi berdampak buruk pada komputer saya. Di forum yang saya baca tersebut juga tidak menjelaskan apakah ada perubahan dengan menghentikan service tersebut.

Nyatanya, komputer saya berjalan sebagaimana mestinya. Sekarang, Apache dan MySQL-nya sudah dapat berjalan dengan baik di komputer saya. Malah, tampilan phpMyAdmin sekarang jadi terlihat lebih keren karena versi terbaru dari XAMPP ini. Alhamdulillah. 😀

Nah, beberapa kesan dan tips yang dapat saya berikan untuk update XAMPP ini adalah:

  • Pastikan bahwa Anda sudah memberhentikan semua modul dari XAMPP lama Anda sebelum di-uninstall;
  • Untuk lebih amannya, Anda dapat memilih untuk menghapus keseluruhan folder XAMPP lama Anda, dengan terlebih dahulu membuat backup dari berkas yang ada di “htdocs” dan membuat SQL dump dari basis data yang sudah Anda buat;
  • Saat instalasi, mungkin sebaiknya jangan mencentang tanda instalasi Apache, MySQL, dan FileZilla Anda sebagai service, Anda dapat menjalankannya sendiri melalui XAMPP Control Panel jika diperlukan;
  • dan Anda sebetulnya dapat menggunakan XAMPP Control Panel Beta 3 untuk melakukan konfigurasi lebih terhadap XAMPP Anda, misalnya untuk mengganti port.

Selamat mencoba! 🙂

Iklan

2 tanggapan untuk “Update XAMPP to Version 1.7.7 Troubleshoot

  1. Mantap bro…..
    Kebetulan saya juga mengalami masalah dan saya mencoba menanggulanginya dengan mengganti port, dan itu berhasil. Sedangkan solusi yang agan tulis diatas belum saya coba tapi mungkin akan saya coba.
    Makasih, salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s