Semester Unik nan Ajaib – Keamanan Informasi

Semester ini unik, tugasnya banyak, tapi alhamdulillah saya senang menjalaninya sejauh ini. Bayangkan saja, minggu UTS kemarin bisa hanya ada tiga UTS, luar biasa kan?

Nah, salah satu kuliah yang menarik dari semester ini adalah Keamanan Informasi. Sebetulnya, ini kuliah wajib program studi (prodi) Sistem dan Teknologi Informasi (STI), bukan program studi Teknik Informatika (IF), tapi karena katanya menarik, maka saya ambil jugalah kuliah ini.

Eh, ternyata memang benar. Kuliah ini menarik. Saya jadi teringat pada salah satu cita-cita saya dulu saat masih cupu-cupunya: hacker. Di sini sebetulnya tidak eksplisit belajar bagaimana cara hacking atau cracking, tapi banyak sekali dasar-dasar yang biasanya dipelajari oleh seorang hacker, misalnya saja port scanning, kriptografi, DoS attack, sampai ke “serangan” yang paling sederhana: social engineering.

Pak Budi Rahardjo yang mengajar kuliah ini juga seru. Kuliah pertama, kelas diperkenalkan dengan pengajar yang ternyata punya segudang pengalaman. Beliau sebetulnya seorang lulusan Teknik Elektronika, tetapi mengambil master di bidang computer science. Beliau sekarang juga sembari mengelola perusahannya sendiri di bidang information security, suatu bidang yang langka ditekuni di Indonesia. Maka, jangan heran kalau ternyata beliau banyak yang mengenal, terutama orang-orang kalangan IT. Lihat saja statistik blognya. Blog beliau terpopuler ketiga di Indonesia.

Nah, Pak BR ini suka melakukan hal yang “aneh-aneh”, termasuk dalam hal tugas-tugas yang diberikan. Wah, seru deh mengerjakan tugas-tugas yang beliau berikan, walaupun mungkin saya juga tidak semuanya paham tentang aplikasi sebenarnya dari tugas-tugas itu apa.

Tugas-tugas tersebut selalu di-submit melalui blendedlearning, situs kuliah di ITB yang biasanya hanya dipakai dosen lain untuk menjadi repository slide kuliah. Pun demikian dengan UTS-nya, kami harus mengikuti UTS secara online yang bahkan bisa dikerjakan dari kos masing-masing, asal terhubung dengan internet.

Namun, Pak BR sudah mem-booking Labdas 4 untuk yang ingin mengikuti UTS di tempat. Saya sendiri memilih untuk datang ke lab untuk mengerjakan UTS tersebut. Begitu melihat soal-soalnya, ternyata saya sadar kalau pengetahuan tentang keamanan informasi saya masih agak kurang. Terlihat, nilai saya masih 28/40. Yang paling membingungkan itu disuruh mencocokkan port dengan service-nya. Wah, siapa pula yang hafal.

Anyway, UTS tersebut nilainya hanya akan dijadikan statistik untuk bapaknya saja, tidak dimasukkan ke dalam perhitungan nilai akhir. Nah loh, makin kelihatan anehnya kan?

Yah, pokoknya saya berharap bisa dapat nilai yang terbaik deh di akhir semester ini. Yang paling penting, saya bisa dapat ilmu yang bermanfaat buat saya ke depannya. Aamiin.

Satu tanggapan untuk “Semester Unik nan Ajaib – Keamanan Informasi

Tinggalkan Balasan

