Agar Lebih Rajin Menulis

Sejak memiliki blog di Multiply sejak zaman SMA dulu, saya sebenarnya cukup sering menulis. Mulai dari pemikiran-pemikiran saya terhadap suatu hal, sampai ke hal-hal yang kadang kurang penting seperti jurnal pribadi. Kalau melihat-lihat tulisan tersebut kembali, maka terlihat juga perubahan diri saya, cara berpikir, termasuk cara menulis.

Akan tetapi, semua berubah ketika negara api menyerang. (lho?)

Salah. Semua berubah ketika saya mulai memasuki dunia perkuliahan. Saya memang mencoba untuk tetap menulis, tetapi dengan semakin meningkatnya jumlah tugas yang saya dapatkan di kuliah, maka waktu untuk menulis pun semakin berkurang. Rasanya selalu saja tidak ada waktu untuk menulis. Padahal, beberapa waktu kosong saya justru saya gunakan untuk bermain untuk menghilangkan stress.

Jadi, apa sih sebenarnya gunanya menulis?

Well, yang saya bisa bilang adalah menulis itu membantu kita untuk mengingat sesuatu. Coba deh, tulis sesuatu saat ini, dan lihatlah tulisan itu beberapa tahun mendatang, maka mungkin Anda akan melihat suatu kenangan yang bisa jadi menyenangkan, tetapi bisa juga tidak. Anda akan menemukan kesenangan sendiri dari melihat tulisan-tulisan lama tersebut.

Nah, karena alasan itu, dan karena terinspirasi dari beberapa dosen serta teman di kampus ini yang juga rajin menulis — dan tulisannya cukup keren, maka saya memilih untuk rajin menulis kembali. Saya ingin mencoba untuk membiasakan menulis satu post satu hari, seperti yang sedang diusahakan Pak Budi Rahardjo dan teman saya, Sitti Rasuna.

Jadi, apa tipsnya untuk lebih rajin menulis?

Ya tulis saja. 😀

2 tanggapan untuk “Agar Lebih Rajin Menulis

  1. Setuju banget bahwa tulisan itu berguna untuk mengingat sesuatu…
    Memang sudah susah untuk menulis di tengah-tengah tugas, tapi entah mengapa susah juga walaupun belum di tengah-tengah tugas. Terlalu banyak meramban ‘browsing’ hal-hal lain :p

Tinggalkan Balasan

