Buntu

Tulisan ini dibuat karena lagi buntu saja. Tidak lebih, tidak kurang. Ceritanya daripada saya malah browsing ga jelas dan bukannya mengerjakan tugas juga, mungkin lebih baik sedikit berbagi melalui tulisan di blog saja. Hitung-hitung mengisi blog yang jarang diisi ini. Hahaha…

So, sebetulnya saya sedang ada banyak tugas nih: satu makalah strategi algoritma, tiga cerpen, dan satu puisi. Oh, plus ada satu lagi: coding. Satu cerpen dan satu puisi juga perlu dibuatkan esai 5000 karakter masing-masing. Semua itu akan berakhir setelah tanggal 15 Desember ini. Yah, semangatlah, Ali! *self-motivation

Nah, saya ingin berbagi dan meminta pendapat saja sih sebetulnya. Pernah tidak Anda (siapapun yang membaca tulisan ini) mengalami kebuntuan dalam mengerjakan sesuatu yang memerlukan proses kreatif? Aplaus buat Anda jika tidak pernah mengalaminya, karena rasanya setiap orang pernah mengalami masa-masa kebuntuannya dalam proses kreatifnya. Kalau saya dalam posisi seperti itu, biasanya sih saya mencari suasana yang menyenangkan. Di Jakarta, buat saya tempat kerja yang enak itu di Library@Senayan. Lumayan, ada banyak fasilitas yang ditawarkan di sana. Beberapa kebutuhan saya dapat terpenuhi dalam jarak yang relatif dekat dari sana: makan dan shalat.

Masalahnya, di Bandung ini saya belum menemukan tempat yang bisa seproduktif itu. Bisa jadi saya yang terlalu banyak menuntut? Entahlah. Tetapi intinya, susah buat saya dapat tempat yang bisa membuat saya produktif sekali, terutama dalam hal menulis. Perpustakaan Pusat di tempat saya berkuliah sekarang mungkin bisa menjadi alternatif dengan banyaknya sumber inspirasi, tetapi tetap saja tempatnya masih tergolong kurang nyaman dan susah makan di dalam buat saya (banyak maunya kan?). Kamar kos bisa jadi salah satu alternatif, tapi kamar ini – entah punya kekuatan apa – sangat mudah membuat saya mengantuk.

Kalau sudah buntu sekali dan sedang agak senggang, biasanya saya iseng aja jalan ke mana gitu buat cari inspirasi, misalnya nonton sendirian atau makan ke tempat yang agak jauh sendirian. Biasanya jadi sedikit hiburan buat saya sebelum beraktivitas lagi dalam proses kreatif. Beberapa kali sukses sih, tapi setelah beberapa hari ya buyar lagi kreativitasnya. Cuma kalau mau nonton terus ya bisa bangkrut toh saya?

Jadi, bagaimana dengan Anda?

Satu tanggapan untuk “Buntu

Tinggalkan Balasan

