Resolusi

Resolusi itu apa sih sebenarnya?

Menurut KBBI,

 re.so.lu.si 1 n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarahsidang);pernyataan tertulisbiasanya berisi tuntutan tt suatu halrapat akhirnya mengeluarkan suatu ~ yg akan diajukan kpd pemerintah

Nah lho, banyak yang salah paham kan?

Terus kenapa? Lagipula, masih jauh kan tahun barunya?

Nah, saya sebenarnya ingin membagi sedikit curahan hati saya di bulan yang penuh berkah ini. Walaupun masalah resolusi itu salah kaprah, ya saya intinya ingin membahas tentang itu lah ya. Saya ingin membahas beberapa pencapaian yang ingin saya lakukan tahun lalu, tapi tidak kesampaian.

Sedikit berhubungan dengan post sebelumnya, saya hanya ingin mengutarakan salah satu kesedihan saya karena tahun lalu tidak bisa maksimal dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Nah, untuk itu, semoga Ramadhan kali ini saya diberi kemudahan untuk lebih rajin beribadah dan melakukan lebih banyak amal saleh. Amiin.

Terus, satu hal yang di Ramadhan tahun lalu ingin sekali saya lakukan tapi tidak kesampaian adalah tarawih di Masjid Agung Bandung yang di alun-alun, sama Masjid Agung Istiqlal. Entah mengapa, tahun lalu keinginan itu tinggi sekali, tapi sayangnya belum bisa terwujudkan. Semoga saja Ramadhan kali ini bisa kesampaian, rasanya ingin sekali mencoba melihat seberapa ramainya tarawih di masjid agung, kemungkinan juga yang ceramah bakal yang hebat-hebat kan orangnya, semoga nanti ilmunya juga bisa bertambah lebih banyak.

Kalau teman-teman, ada yang ingin dicapai di Ramadhan ini?

Nah, sekalian berbagi ilmu juga, dari mentoring yang saya ikuti di kampus, sebenarnya ada beberapa amalan yang dianjurkan di bulan yang penuh keberkahan ini. Apa saja?

1. Mengakhirkan sahur

Nah, untuk yang ini, sebenarnya cukup mengenakkan di kita sebagai yang berpuasa. Jadi, intinya, sebisa mungkin sahur dilakukan sedekat mungkin dengan batas awal berpuasa, yaitu subuh. Namun, berhati-hatilah, saat adzan berkumandang, berarti sudah waktunya menghentikan semua kegiatan konsumsi.

2. Mempercepat berbuka

Ini juga mengenakkan. Ketika adzan berkumandang, maka bersegeralah berbuka, walaupun hanya dengan segelas air atau sebiji kurma.

3. Tilawah Al-Quran

Kalau sedang berpuasa, maka waktu makan siang atau waktu istirahat lainnya, manfaatkanlah untuk lebih rajin tilawah, insya Allah bermanfaat.

4. Memperbanyak sedekah

Insya Allah, ini akan jadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir walaupun kita sudah wafat. Mari kita coba untuk rutinkan. 🙂

5. Qiyamul lail

Ini yang sedikit susah, tapi insya Allah ganjarannya besar. Coba yuk, sama-sama kita biasakan untuk tahajjud setelah atau sebelum sahur. Itu waktu-waktu yang paling baik untuk qiyamul lail lho.

6. I’tikaf

Biasanya, semua yang di atas bisa ditunjang dengan baik dengan berdiam diri di masjid, tapi bukan untuk tidur lho ya. Dengan punya teman yang beribadah juga, mungkin kita jadi bisa lebih semangat ibadahnya.

7. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa

Kalau yang di atas semua masih sulit, maka paling tidak ini dulu yang dilakukan. Jangan sampai, kita berpuasa hanya dapat lapar dan dahaga saja. 🙂

Nah, saya sendiri mungkin belum bisa melakukan semua hal di atas. Jadi, ini sekaligus menjadi pengingat bagi saya agar bisa lebih baik lagi di Ramadhan kali ini. Semoga dengan begitu, pada akhir Ramadhan, kita sudah lebih bertambah ketaqwaannya. Amiin.

Wallahua’lam. 🙂

 

Iklan

3 tanggapan untuk “Resolusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s