Satu Lagi Iklan yang Tak Sepenuhnya Benar

Beberapa orang yang sering mengikuti berita atau mencari-cari fakta dari suatu iklan, biasanya akan menemukan bahwa beberapa hal yang disampaikan biasanya mengalami sedikit manipulasi, sehingga tidak sepenuhnya benar – jika tidak mau dikatakan salah. Memang, fungsi iklan sebenarnya adalah menjual suatu produk, dan sebenarnya pada kebanyakan iklan akhir-akhir ini mencantumkan, walaupun sangat kecil dan agak tersembunyi, peringatan bahwa hasil statistik atau apa yang ditayangkan pada layar kaca kita merupakan hasil dramatisasi. Coba tengok beberapa iklan pemutih kulit, perhatikan dengan saksama bahwa biasanya ada tulisan kecil di beberapa scene yang mengatakan bahwa itu hanya manipulasi.

Mengapa saya tiba-tiba membahas ini?

Ini bermula dari kebiasaan saya yang akhir-akhir ini mencoba lebih sering membeli air putih untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh saya. Masalahnya, beberapa kali saya mencoba membeli air putih, yang terjadi adalah saya jadi lebih sering bolak-balik ke toilet, padahal yang saya konsumsi hanya air mineral 600 ml. Saya pun penasaran, karena sebelum-sebelumnya, saya jarang meminum air putih, karena merasa tidak haus, tetapi merasa baik-baik saja.

Akhirnya, saya mencoba meng-Google “hidrasi pada manusia” untuk mencari tahu sebenarnya berapa kebutuhan air bagi manusia. Fakta yang saya dapat, ternyata meminum air sampai delapan gelas per hari itu tidak perlu. Menurut Heinz Valtin, Profesor fisiologi dari Sekolah Medis Darthmouth, hanya orang yang punya masalah kesehatan saja yang perlu minum banyak air seperti batu ginjal atau kecenderungan mengalami infeksi saluran kemih.

Saya dan teman-teman sebenarnya dulu sempat melakukan penelitian untuk makalah Biologi pada saat masih SMA, dan dari referensi yang kami dapat, ternyata memang diungkapkan bahwa kebutuhan air bagi tubuh dapat di tidak hanya melalui air putih, tetapi juga minuman lain seperti kopi atau teh, dan – bahkan – kuah sup. Hanya saja, saya pikir memang kebutuhan saya akan air bisa lebih baik dengan lebih sering mengonsumsi air putih. Akan tetapi, dari fakta yang saya dapat setelah mencari di internet kembali, ternyata dikatakan kalau dalam beberapa situasi, minum air terlalu banyak justru berbahaya.

Mungkin kita perlu lebih bijak dalam menyaring apa yang disiarkan pada layar kaca, terutama iklan-iklan yang sangat menggoda itu.

Referensi:

http://www.faktailmiah.com/2011/03/31/mitos-minum-air-putih-8-gelas-sehari.html

Satu tanggapan untuk “Satu Lagi Iklan yang Tak Sepenuhnya Benar

Tinggalkan Balasan

