Bersabarlah

Bismillahirrahmaanirrahiim

Sabar itu sesuatu yang mudah diucapkan, tapi susah untuk dipraktikkan. Seperti ketika teman kita tertimpa musibah, mungkin kita hanya bisa berkata, “Yang sabar ya.” Akan tetapi, sudahkah kita bisa menjadikan sabar sebagai bagian dari hidup kita? Berapa kali dalam hidup kita, kita menyesal hanya karena kita tidak mampu bersabar? Karena begitu susahnya sabar, maka Allah pun menganjurkannya lebih dulu dalam Al-Baqarah: 45.

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’

Allah akan menguji kita dengan berbagai macam hal di dunia ini. Namun, apakah kita bisa sabar menghadapi itu semua? Coba deh kita lihat, berapa banyak hal di dunia ini yang sebenarnya “hanya” membutuhkan kesabaran untuk penyelesaiannya? Kita ingin membeli sesuatu yang baru, mesti bersabar dulu hingga uangnya terkumpul; kita ingin menasihati orang lain agar berubah, harus bersabar dulu hingga Allah memberikan hidayah-Nya; atau mungkin kita dicerca orang lain, tidak dianggap dan diperhatikan, padahal apa yang kita jalani adalah suatu kebenaran, kita mesti bersabar dan senantiasa teguh dalam menjalankan agama-Nya, malah kita diminta mendoakan kebaikan untuk mereka. Nah, kalau semua itu sudah bisa kita lalui dengan kesabaran, Allah sudah menjanjikan sesuatu di baliknya, seperti dalam surat Al-Baqarah: 155.

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Lihatlah, Allah sedang menguji kita saat ini. Tsunami Mentawai, letusan Gunung Merapi, longsor Wasior, dan banyak bencana alam lainnya adalah azab Allah bagi mereka yang berbuat kesalahan, sekaligus ujian bagi mereka yang ditinggalkan dan masih selamat. Kita harus bersabar dan senantiasa berdoa, semoga Allah menjauhkan kita semua dari hal-hal yang tidak diridhai-Nya, dan semoga apa yang sudah terjadi ini, membawa pelajaran bagi kita semua.

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Mohon maaf jika ada kesalahan pada tulisan ini.

Semoga Allah mendekatkan kita dengan kesabaran-Nya. Amiin.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Bersabarlah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s