From Russia with Love…

Ah, kali ini sedikit ulasan-ulasan dari saya. Biasanya tentang sehari-hari, sekarang ulasan yang agak serius sedikit. Biar ga kalah sama Anne. πŸ˜‰ Well, ide tulisan ini sebenarnya muncul dengan sendirinya. Entah kenapa saya ingin menulis ini.

Jadi, ceritanya saya itu entah kenapa bisa terobsesi sama sesuatu yang berhubungan dengan Russia. Padahal, saya belum pernah ke sana, tapi saya rasanya melihat Russia sebagai negara yang keren. Entahlah. Kalau kata Wisnu, “Yah, namanya juga cinta.” Maybe. Who knows? Makanya, pas pembagian tugas untuk presentasi PKn, giliran dapat Russia, langsung jingkrak-jingkrak *berlebihan*.

Kecintaan saya terhadap negara ini macam-macam. First, saya suka arsitektur dari berbagai bangunan di sana. Bangunan-bangunan Russia itu keren-keren lho… Salah satu yang saya suka dari arsitekturnya itu onion-dome-nya. Terlihat pengaruh-pengaruh Arabia gitu ga sih? Hmm… However, saya tetap suka bangunan Russia! Konon katanya, bangunan-bangunan bersejarah di Russia katanya banyak tempat-tempat rahasianya. Ini yang biasa tertulis di buku-buku sih… Impian saya bisa punya rumah yang ada sentuhan arsitektur Russia gitu. Hehehe… ^^V Lihat gambarnya? Keren kan? Yang kaya’ gitu yang saya suka dari bangunan Russia.

Pengaruh arsitektur seperti itu mungkin juga dikarenakan cukup banyaknya terdapat orang muslim di sana. Islam adalah agama terbanyak kedua yang dianut masyarakat Russia. Gereja Ortodoks Russia adalah agama Kristen yang paling dominan di Rusia. Agama-agama lainnya termasuk berbagai aliran Protestan, agama Yahudi, Katolik Roma, dan agama Buddha. Agama seseorang umumnya tergantung etnis masing-masing. Suku Russia kebanyakan beragama Ortodoks sementara orang-orang keturunan kelompok Turki beragama Islam.

Hal lain yang menarik dari Russia – dan beberapa negara lain di dunia – untuk saya adalah bahasanya. Bahasa Russia adalah satu-satunya bahasa resmi negara, namun republik-republik di Russia sering turut menetapkan bahasa daerah mereka sebagai bahasa resmi kedua di samping bahasa Russia. Nah, salah satu hal yang menarik buat saya kalau mengenali bahasa asing adalah tulisan baru yang aneh-aneh. πŸ˜‰ Di Russia (dan di beberapa negara pecahan Soviet lainnya), abjad yang digunakan adalah Sirilik.

Hmm… Negara yang mempunyai ibukota di Moskva ini juga merupakan salah satu negara adidaya. Mereka punya kekuatan tersendiri yang mampu menyaingin ‘superioritas’ Amerika Serikat dan antek-anteknya. Saat masih dalam bentuk Uni Soviet, tahun 1957 mereka telah berhasil duluan dalam mengorbitkan satelit buatan manusia yg pertama. Kedua, mereka telah berhasil duluan dalam mengorbitkan manusia pertama di luar angkasa yaitu Yuri Gagarin.

Salah satu yang membuktikan Russia bisa menang dari AS adalah saat perang. Lucunya, tentara AS lebih suka menggunakan AK-47 (Avtomat Kalashnikova 1947) daripada menggunakan M16 yang merupakan buatan mereka sendiri. Hebat kan?

Hmm… Untuk transportasi, ada yang menarik dari Russia, khususnya di Moskva, yaitu Moscow Metro. Moscow Metro adalah sebuah metro system yang terkenal dengan seninya, muralnya, mozaiknya dan kandil yang penuh ornamen. Saat ini, Moscow Metro mempunyai dua belas jalur, yang sebagian besar di bawah tanah dengan total 188 stasiun. Moscow Metro ini adalah salah satu subway system terdalam di dunia. Contohnya, Stasiun Park Pobedy, selesai tahun 2003 dengan kedalaman 84 meter dari tanah dan memiliki eskalator tepanjang di Eropa.

Ah, rasanya saya benar-benar terobsesi sama negara ini. Mutia aja sampai saya panggil Dhuhanov sekarang, biar sok Russia gitu. Terus, giliran dikasih tugas mencari artikel tentang sebuah kota, setelah memikir berputar-putar, ujung-ujungnya akhirnya pilihan jatuh ke Moskva. Hehehe… ^^V

Ah, ada satu yang terlupa. Tadi saya mau tulis tentang matryoshka, tapi keburu saya post, takut kepanjangan. Jadi saya minta tolong Anne untuk tulis tentang boneka Russia ini. Terima kasih ya, Anne. πŸ˜‰ So, check this one out!

Anne Soraya: Matryoshka

Well, saya rasa ini aja dulu. Takut kalau banyak-banyak pada bosan bacanya. Padahal masih banyak yang ingin ditulis. Ya sudahlah, tampung dulu untuk lain hari.

Hope you enjoyed this writing, I’ll see you in the next stop. Until then, take care!

15 tanggapan untuk “From Russia with Love…

  1. I wonder where did you get this detailed informations. I can finally see the use of the social projects which always being given to us, the science students. Anyhow, nice writing. Visit my blog sometimes.
    ______________________________
    Alias: Thank you very much. I got some of these from wiki (yeah, as usual), Mr. Yari’s site and some of them I’ve ever heard it somewhere. I think, I have visited your site. Haven’t you seen it?

  2. Kalau saya paling senang dengan Perancis. Alasannya?? Hmm… macam2 sih. Bahasa Perancis (menurut saya) paling indah, tetapi bukan hanya itu saja, Bahasa Inggris yang kini menjadi “bahasa internasional” mengambil 80% kata2nya dari bahasa Perancis. Perancis adalah dulu sebagai “pusat budaya barat”. Tetapi bukan itu saja…. Perancis juga cikal bakal kepolisian modern saat ini (walaupun polisi sebenarnya sudah ada dari zaman Romawi, tetapi cikal bakal kepolisian modern lahir di negeri ini). Interpol juga berpusat di negeri ini. Apa lagi? O iya, dua olahraga terakbar di planet ini yaitu Olimpiade dan Piala Dunia Sepakbola diprakarsai oleh orang Perancis. Olimpiade oleh Baron Pierre de Coubertin sedangkan Piala Dunia oleh Jules Rimet. Dua terusan buatan manusia di dunia ini yaitu Terusan Suez dan Terusan Panama, dua2nya dilakukan oleh Ferdinand de Lesseps, lagi2 orang Perancis walaupun pada waktu ia mengerjakan Terusan Panama, ia tak sempat menyelesaikannya dan akhirnya diselesaikan oleh AS. Dan masih banyak prestasi Perancis lainnya.

    Wah… pokoknya walaupun Perancis dari segi dimensi ukurannya kecil, tetapi sudah banyak “menyumbang” kepada dunia….. Itulah yang menyebabkan saya “kesengsem” sama negara ini. Huehehe….. :mrgreen:
    _________________________________
    Alias: Oh, okay. Yeah, Perancis memang menjadi kiblat dunia untuk bermacam-macam hal. Btw, terima kasih buat sebagian datanya, Om. Berminat tulis begini juga di site, Om? πŸ˜‰

  3. Untuk sementara belum berniat !! Tetapi saya salut andaikan ada orang yang mau membuat artikel seperti ini tetapi dengan topik negara kita! Apakah yang telah bangsa kita sumbangkan kepada dunia (yang signifikan tentunya…). Kira2 ada nggak ya? πŸ˜€

    1. Yah, begitulah. πŸ™‚ Indonesia memang tidak kalah indah. πŸ˜‰ Ke Bali, syukurnya, saya sudah pernah. Dulu tinggal di Lombok, jadi deket kalo ke Bali. πŸ˜€

  4. wah.. bagus juga tu… tapi saya lebih suka Jerman. Kenapa? Jerman tu hebat.. sejarahnya hebat… suka Bayern Munchen… Autobahn-nya juga bagus.. Jalan raya terkeren sedunia… Lufthansa-nya juga keren..

    1. Ya, Jerman juga menarik. Sejarahnya memang membuat banyak perubahan di dunia. Salah satu tempat yang seru untuk dikunjungi kalo ke Eropa. Bahasanya juga saya suka. πŸ˜‰ Btw, thanks sudah mau mampir.

  5. kalau saya pengen banget ke Mesir & ke Italia, Italia katanya negara yg romantis, banyak bangunan kuno jd pengen banget ngerasain suasana Italia tapi Rusia boleh juga, katanya negara yg terkenal dgn agen rahasia yg hebat2 yach, bener ga sich…?

Tinggalkan Balasan

